Wednesday, July 24, 2013

Menyembunyikan dan menutup akses partisi(drive)

Data pribadi merupakan sesuatu yang penting yang kadang orang lain tidak boleh melihat, bahkan menggunakannya khususnya data yang tersimpan di komputer, sehingga banyak dari kita yang enggan untuk meminjamkan komputer/laptop kepada siapapun. Disini, ada hal yang menarik bahwa windows menyediakan fungsi dimana dapat digunakan untuk menyembunyikan drive kita bahkan menutup akses kepada drive tersebut. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk mendapatkan fungsi tersebut.
  1. Masuk ke GRUP POLICE dengan mengetikan gpedit.msc pada kolom run(tekan windows+R)
  2. Pilih User Configuration -> Administrative templetes -> Windows components -> Windows Explorer
  3. Banyak sekali pilihan untuk Windows Explorer. 
Untuk menyembunyikan pilihlah "Hide these specified drive in my computer" lalu enable. Pada "Pick one of following combination", pilihlah drive yang akan disembunyikan.
Untuk menutup akses pilihlah "Prevent access to drive from my computer" lalu enable. Pada "Pick one of following combination", pilihlah drive yang akan ditutup aksesnya.
Untuk membuka akses drive yang sudah di sembunyikan atau sudah di tutup, silakan klik disini.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan menggunakan "hide these specified drive in my computer" untuk drive dimana os diletakkan. Karna apabila drive dimana os berada disembunyikan, maka os akan tidak dapat berjalan setelah komputer direstart.
"Resiko terjadi error bukan tanggungan saya, so berhati2lah memilih"

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment