Tuesday, December 8, 2015

Install Windows 7 32bit di Asus X200MA

Asus X200MA merupakan netbook dengan harga tidak mahal dan spesifikasi yang lumayan untuk kegiatan office. Berikut spesifikasi Asus X200MA.
Modelx200ma n2840
Ukuran (L x W x H cm)30 x 20 x 2.1cm
Berat (kg)2 kg
Warnawhite
Ukuran Layar (in)11.6
Hard Disk500 Giga
RAM2 Giga
Kecepatan CPU2.16
Tipe ProcessorIntel
Megapiksel1.3
Garansi produkGaransi 1 tahun service & sparepart
Garansi 6 bulan adaptor & battery
Resolusi Layar1366x768
Format VideoHD
Sistem OperasiDOS
Dengan spesifikasi diatas Asus berani merekomondasikan Sistem Operasi Windows 7 64bit, Windows 8 dan Windows 10. Awalnya saya tidak tahu pilihan Sistem operasinya, karena pemiliknya meminta install Windows 7, maka saya menginstall windows 7 32bit. Ketika proses pemilihan booting dan beberapa kali gagal, ternyata dikarenakan pada BIOS Asus x200ma tersebut ada option untuk Windows yang akan diinstall, Tidak dijelaskan juga pada bios untuk windows 7 harus menggunakan yang 64bit. Akhirnya Windows 7 32bit terinstall tetapi drivernya tidak disediakan oleh pihak Asus. Saya mulai mencoba dengan driver Windows 7 64bit, ada beberapa yang mau dan ada yang tidak (seperti driver network wirelessnya). Akhirnya saya mendapatkan informasi menggunakan Driverpack online (link:dru.su), saya coba dan hasilnya beberapa driver yang belum terinstall bisa terinstall semua.
Yang kurang memuaskan dari Asus x200ma adalah vga nya (untuk windows 7 32bit) dan mouse (klik kanan dan kirinya) yang lembek dan kurang enak ditangan. Selain itu pihak asus yang tidak menyediakan driver untuk windows 7 32bit.

No comments:

Post a Comment