Monday, June 18, 2012

MySQL Command Line(CLI) di LAMPP

LAMPP merupakan web server local yang diinstall pada Operating System Linux yang didalamnya sudah disediakan juga MySQL yang dapat dijalankan baik berbasis GUI ataupun Command Line. MySQL CLI biasanya di gunakan untuk dasar belajar MySQL sebelum menggunakan phpmyadmin yang sudah berbasis GUI. Kebanyakan orang ingin semuanya yang simple dan mudah, namun kadang bingung bagaimana cara menggunakannya. Saya sendiri pernah mengalami, ingin menggunakan MySQL CLI pada LAMPP namun saya masih belum mengerti cara memanggil MySQL CLI-nya. Ada teman saya menyarankan untuk install aplikasi MySQL client saja dimana MySQL tersebut masih berbasis CLI dari pada bingung, tetapi saya sudah menginstall LAMPP. Sudah ada niat untuk menginstall aplikasi yang disarankan teman tadi, akan tetapi saya takut apabila terjadi bentrok pada port yang sama di MySQL LAMPP dengan MySQL client. Saya memutuskan untuk tidak melakukan install MySQL Client dan terus mencoba bagaimana menggunakan MySQL CLI di LAMPP. Telusur dan menelusuri di dalam LAMPP dan akhirnya saya pun menemukannya.
Berikut adalah langkah langkah menjalankan MySQL CLI di LAMPP.
  1. Install dulu LAMPP.
    Download LAMPP (disini).
    Cara install LAMPP
a. Buka terminal atau tekan ctrl+alt+t. Arahkan ke direktori dimana  LAMPP disimpan.
b. Ketikkan sudo tar xfvz nama_file_LAMPP.tar.gz -C/opt
  1. Jalankan LAMPP
    Masih dengan terminal, ketikkan sudo /opt/lampp/lampp start
  2. Untuk menjalankan MySQL CLI
    Dengan terminal, Arahkan ke direktori bin yang ada didalam LAMPP dengan mengetikkan
    cd /opt/lamp/bin
    Selanjutnya ketikkan ./mysql -u root.


No comments:

Post a Comment